Jumat, 19 Oktober 2012

Tempe Berbalut Tepung Itu Bernama Mendoan

Seperti setiap manusia yang memiliki keunikan dan kekhasannya sendiri, daerah-daerah di Indonesia pun memiliki makanan khas yang menjadi trademark suatu tempat.

Siapa tak suka tempe? Orang Indonesia GAK SUKA TEMPE? Yang bener aja. Pernah suatu waktu harga kedelai naik di Indonesia, banyak yang kelimpungan. Yaiyalah. Coba deh kamu makan ayam penyet gak pake tempe, pecel gak ada tempe dan aneh banget kalo makan tempe penyet ga ada tempenya *ya iyalah* *apanya yang mau dipenyet* >,<.

Buat hampir sebagian masyarakat Indonesia, tempe sudah selayaknya menu pokok yang hampir selalu menemani nasi dan sambel. Makan nasi putih anget, plus tempe goreng yang masi ngebul-ngebul sama sambel yang pedesnya gak terkira itu surgawi banget *nelen ludah*.


Eh udah-udah jangan ngiler dongs.
Gambar didapet dari sini

Ngomong-ngomong soal tempe, ada satu makanan yang terbuat dari tempe dan selalu saya rindukan ketika saya pulang kampung. Nah yang orang Banyumas, PURBALINGGA, Purwokerto, Kebumen, Cilacap (lhah kiye deneng wong ngapakan kabeh) pasti tau MENDOAN kan? Tau kan? Tau nggak? Please dong harus tau. Kalo sampe kalian nggak tahu, ngumpet di kolong meja ya selama ini? :P #hehe.

Yak Tempe Mendoan. Atau orang biasa menyebutnya mendoan. Adalah suatu makanan terbuat dari tempe yang dibalur tepung. Disajiin hangat dengan cabe rawit. Tambah teh manis anget makin mak nyosssss. Sumpah ini tuh legend banget. Belum medang namanya kalo gak ada mendoan sama teh. Medang adalah suatu kebiasaan minum teh/kopi di waktu pagi atau sore (dalam bahasa Jawa disebut wedang). Nah teman ber-medang ria biasanya kalo nggak mendoan ya pisang goreng. Sore-sore bercengkerama bareng ayah di teras rumah. Liat orang berseliweran di jalan sambil menikmati sore yang cerah. Ditemani dua gelas teh manis anget dan satu piring mendoan yang masi ngebul-ngebul plus cabe rawit. Ahhhhhh I miss that precious moment. 

Selain dinikmati dengan cabe rawit, Mendoan pun tetap kece disandingkan bareng sambel kecap :3.
Gambar diambil dari sini.


Buat yang mau bikin mendoan, gampang aja kok. 
1. Siapin beberapa slice tempe (iris tipis melebar ajah). 
2. Siapin adonan berisi tepung,irisan daun bawang, dicampur bumbu rempah (dibuat dari 2 siung bawang putih diulek bareng garem dan ketumbar) dan satukan dengan air secukupnya. JANGAN KEENCERAN dan jangan kekentellan jugak.
3. Masukkin slicean tempenya ke adonan tepung.
4. Masak di wajan dengan minyak panas.
5. Masak hingga cakep :D

Ayo ayo dibikin mendoannya
Gambar didapetin dari sini.

Ehem mendoannya boleh enak, mendoannya boleh ngangenin, mendoannya boleh bikin ngiler, tapi sebenarnya makan mendoan ada gizinya nggak sih? Kita kalo makan sesuatu pasti nyari manfaatnya buat tubuh. Jangan kayak makanan sampah (baca: junkfood) yang cuma enak doang tapi efeknya jelek buat tubuh dan bawa bermacam penyakit. Mendoan ternyata punya kandungan nilai gizi loh. Karena terbuat dari tempe dan bumbunya dari rempah. Cekidot

Kandungan tiap 100 gram tempe.
Gambar diambil di sini.

Kandungan gizi mendoan.
Gambar diambil di sini.

Nah, ada nutrisinya juga ya makan mendoan ini. Udah enak, kaya protein lagih :3. Tapi sebenernya mendoan itu sejarahnya gimana si? Menurut informasi yang saya dapat dari Alveroz, jadi awalnya tempe diproduksi dari kedelai hitam dan dibuat oleh masyarakat pedesaan tradisional Jawa -sebelum abad 16- di daerah Mataram, Jawa Tengah. Terus juga dulu waktu jaman Jepang, tawanan perang yang dikasi makan tempe terhindar dari disentri dan busung lapar. Waah keyeeeeen :$.

Banyak yang bilang mendoan itu sama aja dengan gorengan tempe biasa. Physically si iya. Tempe untuk mendonan berasal dari semacam "tempe jembreng" yaitu tempe tipis yang memang khusus dibuat untuk mendoan. Karena mendoan itu memang hakikinya tipis sih *duileee hakiki*. Mendo sendiri artinya lembek. Jadi mendoan dimasak tidak terlalu matang. Kalo gorengan tempe biasa kan dimasak sampai matang. Bisa juga kalo ga dimasak sampai matang dan namanya bukan lagi mendoan tapi gorengan tempe biasa. Tapi entahlah. Whatever. Setiap orang punya caranya sendiri untuk menikmati sebuah makanan.

Kalo makan tempe yang bukan berasal rasanya agak beda gitu sama yang di tempat lain. Jadi memang yang paling enak itu samperin makanan ke daerah asalnya. Karena lebih ada taste-nya dan terasa sangat original. Magnifico!

Whoaa jadi pengin bikin mendoan juga nih. Buru-buru ke dapur yuk ah cuss bikin. Ayo dong kita sama-sama bikin dan makan mendoan. Kalo bukan kita yang melestarikan makanan daerah kita, siapa lagi? :)


http://nutrisiuntukbangsa.org/jelajah-gizi/.

1 komentar:

  1. lebih mak...nyus bila menggunakan tempe dari griya tempe purbalingga yang telah mengolah tempe secara modern, higienis cocok untuk para vegetarian. harga yang premium sebanding dengan kesehatan dan kebersihan proses pembuatannya. Menjadi pionir untuk pengolahan tempe di indonesia

    BalasHapus