Jumat, 17 Agustus 2012

KMD - Kursus Mahir Dasar Kepramukaan UNJ 2012

Salam Pramuka!
Salam!

Tunas Kelapa, Lambang Pramuka Indonesia


Pramuka. Praja Muda Karana. Berbaju coklat muda coklat tua. Berdasi merah putih. Mungkin itulah yang tertulis di pikiran kita waktu mendengar kata Pramuka. Apalagi ketika kita masih SD, setiap jum'at dan sabtu wajib untuk memakai baju pramuka (itu kalo di SD ku dulu ya, kalo yang beda jangan protes hehe :D).

Contoh seragam pramuka penggalang.


Ohya sebelumnya pengen ngucapin Selamat Hari Pramuka ke-51. Dirgahayu Pramuka Indonesia. Tetaplah giat memberikan bakti untuk negeri.

Nah, bertepatan dengan hari Pramuka ini, jadi pengin posting tentang kegiatan kepramukaan yang kemarin aku ikuti. Kegiatan tersebut bernama KMD (Kursus Mahir Dasar) Kepramukaan yang diadain sama Racana UNJ. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemahiran dasar mengenai kepramukaan dan mencetak pembina pramuka yang memiliki kemampuan dasar kepramukaan. Untuk yang berminat mengikuti kegiatan selanjutnya ada lagi yaitu KML (Kursus Mahir Lanjutan). Karena kemarin yang aku ikuti adalah KMD so aku mau cerita tentang KMD nya ajah yah.


Nametag tanda peserta KMD. Agak burem hehe maap -_-v

Kegiatan KMD ini dibagi jadi dua yaitu kegiatan indoor (yang berisikan pemberian materi dalam ruangan) serta kegiatan outdoor (di Buper Cibubur). Dan jeda waktu antara kegiatan ini cukup lama sih. Kegiatan indoor diadakan tanggal 28,29,30 Juni 2012 dan bertempat di gedung FIP UNJ Daksinapati. Untuk kegiatan outdoornya di Bumi Perkemahan Cibubur tanggal 13,14,15 Juli 2012. Agak kurang suka si dengan pembagian waktu yang kaya gini. Jarak waktu yang terlalu panjang bikin kita udah lupa lagi materi indoor yang harus diaplikasikan di kegiatan outdoornya. Terus di tanggal-tanggal itu ada kegiatan yang juga penting tapi terpaksa ditinggal demi KMD ini. Seperti ada acara penyampaian CAI (Cinta Alam Indonesia) di Bogor atau nggak CAI Mahasiswa di Permata Buana, Sawangan. Tapi ya sudahlah mau gimana lagi. Lanjut!


Lusuhnya muka gue pas acara indoor. Ngantuk hehhe

Nah jadi dimulailah acara materi indoor. Diisi sama pembina-pembina berpengalaman dari Kwartir Cabang Jakarta Timur. Ohya sebelumnya kita diadain pre-test dulu untuk mengetest pengetahuan kita tentang kepramukaan. Gini-gini aku dulu pas SD aktif loh ikut pramuka. Pernah jadi ketua barung di SD ku buat ikutan Pesta Siaga. Dulu aku tuh seneng banget sama kegiatan pramuka. Dikit-dikit taulah tentang latar belakang dan sejarah gerakan pramuka. Jadi nilai untuk pre-test gue adalah 5,5. Anyway, that's not bad. Sempet pengen lanjutin jadi pramuka aktif penggalang di SMP sama jadi bantara di SMA. Tapi kok aku liat makin gak asik ya. Ada adegan semacam plonco, hukuman push-up yang irasional, jurit malam dlsb (based on my sights yah). Apalagi ternyata mengharuskan gue buat disiplin dan itu sulit hehehe. Okeh lanjut aja yah.


Poto dulu ama Kharisma di depan Mesjid Alumni.

Kharisma, Echi sama gue poto di kamar mandi.

Jadi tanggal 28,29,30 diisi sama materi. Terus tanggal 13,14,15 Juli nya kita ke Cibubur. Agak excited campur deg-degan juga sih soalnya belum pernah ke Cibubur. Deg-degan karena kita harus berangkat sendiri. Biasa yang kalo ikut acara beginian pasti disediain kendaraan. Secara biaya yang kita keluarkan pun cukup banyak sekitar Rp. 275.000,- untuk pendaftaran. Belum lagi ditambah untuk membeli baju pramuka dan kelengkapannya serta kebutuhan pribadi dan kelompok untuk kita camping disana. Juga transportasi yang dikeluarkan untuk menuju Cibubur. Mungkin sekedar pesan untuk panitia, semoga penyelenggaraan KMD tahun depan disediakan kendaraan ke Cibuburnya. Karena rumahnya pada jauh-jauh dan bawa barangnya juga banyak euwh.


Dikasih pengarahan ama panitia yang ngasih tau peralatan yang harus dibawa pas outdoor.

Daftar peralatan yang mesti dibawa. Karena gue males jadi potoin aja tulisannya Eci hehe.

Dan waktu hari H nya pun tiba. Kita di Buper Cibubur selama 3 hari 2 malam. Tidur di tenda berdesak-desakkan dengan barang. Makan masakan buatan sendiri (anyway gue ga ngapa-ngapain sama sekali hahhaa). Cape iya cape. Kamar mandinya berebutan. Tapi untungnya gue mandinya rutin si. 2 kali sehari seenggaknya. Kalo pagi ada senam dan gue males banget ikut. Jadi gue di tenda aja. Ikut si senam pas pagi pertama. Tapi besokannya ga ikutan lagi. Kita sering beli makanan yang dijual sama penjual yang ada di sekitar tenda.  Kita diajarin cara-cara upacara pembukaan pramuka siaga dan penggalang.

Foto bareng anak-anak PGSD. Ini abis materi indoor di Daksinapati.
Dari kiri-kanan: Cimeng, Kharisma, Gadis, Intan, Indah, Riva'i (atas)
Eci, Rita, Pipit (bawah)

Ini PGSD girls. Harusnya kerudung gue coklat tua tuh. Akhirnya malemnya ampe nyari ke Jatinegara buat kerudung coklat tua -_-*.

Yang cape itu hari kedua. Kita muter-muter keliling buper untuk jalan ke tiap pos dan dikasih tahu tentang prinsip-prinsip dan dasar kepramukaan. Malemnya ada api unggun dan tiap kelompok memberikan pentas seni. Ada yang drama, lawak, sulap atau menampilkan yel-yel. Setelahnya ada post-test tentang kepramukaan dengan soal yang sama. Dan nilai gue 6,25. Not bad! Dan abis itu kita disuruh bergadang nggak tidur sampe jam 2 demi buat ngapalin Tri Satya pramuka. Kan orangnya banyak tuh ngantri mau dilantik sambil ngucapin Tri Satya. Dan gue, Eci sama Indah kebagian paling terakhir. Sampai jam 2 gituh. Ngantuk iyueh.

 Yang seru pas hari terakhir setiap kelompok diminta buat mewakili seorang sosok pahlawan nasional, lengkap dengan biografi dan dandanannya. Hanya dikasih waktu sedikit oleh panitia untuk mempersiapkan segalanya. Berbekal mbah google dan peralatan make up serta kostum seadanya, beginilah jadinya:

Eci temen gue lagi bergaya.

Nyi Ageng Serang, R.A Kartini, Christina Marta Tiahahu.

Ini cowok-cowoknya yang jadi pahlawan nasional tapi kenapa jatuhnya pada bergaya modal.

Kelompok gue "Dewi Sartika". Baju gue paling bladus sendiri dan gue terlihat gembel-_-*
Dari kiri-kanan: gue, Rosma, Desi, Diani, Nuke (sebagai Nyi Ageng Serang), Maryani, Endah, Muti, Kharisma


Nah begitulah keseruan kita di KMD 2012 kali ini. Senang bisa ketemu teman baru. Cape juga sih hehe. Terima kasih panitia atas keakraban ini. Semoga jiwa kepramukaan ini tetap melekat di hati kami semua. Sukses terus pramuka Indonesia.



4 komentar:

  1. Boleh tanya, kalau di UNJ apa ada latihan pramuka untuk tingkat siaga untuk umum? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, setau saya untuk UNJ (dalam hal ini diwakili oleh Racana) sering mengadakan acara yang boleh diikuti oleh umum. Bahkan acara KMD ini pun tidak seluruhnya berasal dari UNJ, ada yang dari universitas lain juga, untuk umum juga boleh dipersilahkan.

      Hapus
  2. keren tann,,
    jadi keinget,, jaman dulu, waktu persami,,waktu pembayatan,, fufu,,,
    tapi ini jauh lebih keren,, ga nyangka elu bakal ikutan kayak gini,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ya kue. Pramuka jane nyenengi. Tapi berhubung diharuskan untuk disiplin kan dadine madan males yak ahahaaaa.

      Hapus