Sabtu, 19 November 2011

Membuat Blog Anda Mudah Dibuka Melalui Mobile

Sebelumnya pengin ngasih tahu aja nih, kalo aku tuh sebenarnya itu masih newbie blogger, jadi apa-apa harus googling atau tanya sana-sini dengan blogger yang sudah berpengalaman mengenai template atau fitur blogger yang aku belum tahu dan ingin ditambahkan dalam blogku.

*dan kemudian cerita pun bermulai*

Jadi gini, sebagai mahasiswa yang sering dipusingkan mengenai makalah, tugas, ujian yang membutuhkan banyak pengetahuan dan buku-buku yang harus dibaca, keberadaan sebuah blog yang menyediakan informasi yang aku inginkan tentu sangat penting dan berarti. Terlebih lagi, aku lebih sering menggunakan perangkat mobile ketimbang laptop/PC. Nah, apa jadinya jika informasi yang sangat aku butuhkan ternyata berada dalam sebuah blog yang tidak kompatibel dibuka melalui mobile. Jika ada kuis tiba-tiba dan aku sama sekali buta mengenai soal yang diberikan itu, alhasil mobile internet pun menjadi andalan. Lagi panik kaya gitu, butuh info secepatnya dan ketika sudah ketemu ternyata web/blognya susah dibuka. Akan sungguh sangat kerepotan aku dibuatnya. Ingin rasanya mengais tanah dan makan cacing. *jangan ditiru*

Dan ternyata blogku pun bermasalah dengan hal itu. Jadi blogku jika dibuka dengan menggunakan handphone, akan memakan waktu lama, berat ketika dibuka dan harus zoom jika ingin membacanya. Sangat tidak efisien dan dapat mengurangi trafik pembaca.

Aku sudah kesana kemari, keliling mencari alamat dan ternyata yang kuterima adalah alamat palsu #lhah ngapa ke Ayu Ting-Ting?? Okeh, fokus ke topik utama. Akupun tidak dapat tidur dibuatnya dan merasa galau sedemikian rupa. Hal yang sangat meresahkanku ini akhirnya kutanyakan pada guru besar blog yang sudah terpandang di jagat dunia maya. Beliau pun memberikan petunjuknya. Namun ternyata belum terlalu membuahkan hasil optimal. Blogku masih berat jika dibuka dengan handphone. Dakupun meratap, bersimpuh memohon ridho-Nya.

*dan jeng jeenggg*
Setelah modifikasi sana-sini, dan mencari informasi serta mengutak-atik sendiri, akhirnya blogku pun sudah mudah dibuka lewat handphone. Alhamdulillah yah sesuatu *sujud syukur*. Kegalauanku pun sirna sudah. Yang ada sekarang hanya rasa bahagia yang membuncah.

Beginilah caranya, teman-teman :)

1. Pastikan kamu sudah login terlebih dahulu ke Blogger karena akan berguna jika kamu sudah login
2. Kemudian buka tab baru dan isikan alamat Draft Blogger

3. Lihat sisi kanan agak bawah sedikit dari tampilan web itu. Pilih tanda tab kebawah (bertuliskan "More Options"). Tanda tersebut berada di sebelah gambar "Kertas Bertumpuk" yang bertuliskan "Go To Post List".


4. Pilih Menu "Template"


5. Lalu lihatlah yang berada dalam "Mobile". Jika blog kamu masih berat dibuka lewat handphone, akan muncul tulisan "Disabled".
6. Pilih pengaturan tersebut tepat di bawah gambar "Mobile".
7. Pilih "Yes. Show mobile template on mobile devices".

8. Untuk "Choose Mobile Template" pillih "Bawaan" saja karena akan lebih mudah dibuka lewat mobile.
9. Pilih "Save" jika sudah selesai.


Bagaimana? Mudah bukan ternyata jika kita sudah mengetahui caranya. Sekarang saya sudah tak lagi dipusingkan dengan blog saya yang tidak dapat dibuka melalui handphone. Jadi, jika teman-teman memiliki permasalahan yang sama dengan saya, cara tersebut di atas dapat mengatasi masalah itu.

Blog saya masih sangat jauh dari sempurna (jadi ibarat mau ke Bulan, sekarang saya masih di kerak buminya *panas dong*). Segini saja dulu postingan dari saya. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Kalau teman-teman sekalian berkenan membantu saya untuk memberi komentar kalian terhadap isi dan tampilan blog ini serta mungkin ingin membantu saya dengan memberi tutorial untuk memperindah blog, saya akan sangat senang dan menghargainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar