Sabtu, 21 Januari 2012

Kepoisme : Sebuah Rasa Ingin Tahu



Kepo. Kepo. Kepo dan Kepo. Mungkin empat kata itulah yang ngegambarin perasaan gue banget sekarang. Buat yang belom tahu apa arti kepo, "Kepo" itu artinya pengen tahu. Selalu ke pengen tahu segala sesuatu. Dan kebanyakan orang si suka kepo (pengin tahu) sama kejadiannya orang lain. Dan, iya. Gue orangnya kepo. Apalagi untuk orang-orang yang gue pengen tahu banget. Sekalipun ga kenal, kalo misalnya dia ada sangkut paut ama gue, gue kepoin luar biasa lah. Hahahaha *ketawa setan* *keluar tanduknya*. Kepo dalam bahasa Inggris adalah "Curious".

Keponya milih-milih juga kali. Ga sembarang orang gue kepoin. Tukang ojek di Jalan Reni yang mungkin ada affair sama pembantu tetangganya, soalnya tukang ojek itu lagi ditinggal istrinya jadi TKW di Arab Saudi pun, kayanya gue ga bakalan kepoin lah. (Itu hanya karangan saya, apabila ada yang tersinggung atau merasa ada kemiripan kejadian, mohon dimaafkan).

Kepo sekarang menjadi tren di kalangan masyarakat, karena pada intinya kita semua nih ye pada pengen tauuuu aja urusan orang. Terutama cewe. Ngaku deh. Pasti kita kepo sama urusan orang lain yang ada kaitan ama kita. Entah itu temennya temen kita, gebetan orang, mantan, bahkan si "inceran" kita. Fineeee. That's normal. Artinya kita punya ketertarikan ama orang tersebut. Cuma pengen tau aja ko, ga lebih. Jadi yang ngerasa lagi dikepoin, biasa aja deh lo. Lagi dapet ya, dikepoin dikit aja sensitip. Misalnya dia lagi ngapain aja sekarang, apa pendapat dia tentang sesuatu hal, tempat hangout favoritnya dimana, dia pacarnya sekarang siapa *oops*, bahkan sampe gaji dia sekarang berapa... Weleh weleehh.

Dengan teknologi yang makin canggih nih ya sekarang. Ketika segala sesuatunya terhubung secara real time pake internet. Hidup menjadi lebih mudah. Contohnya gampang, misalnya email deh. Pake email, kita bisa ngirim pesan, gambar atau suara ke temen ato bahkan saudara yang tinggalnya jauh. Langsung nyampe ga pake lama, ga pake perangko, ga pake pos yang butuh waktu sampe berhari-hari. Dengan syarat, orang itu punya email juga. Meanwhile, kita juga pasti punya akun social network dong, walaupun mungkin jarang dibuka karna saking sibuknya. Ato terlalu sering dibuka karena ga punya kesibukan :p *Whoops*. Ada banyak banget akun jejaring sosial (social network) yang bisa ngebuat lo terhubung ama temen atau orang lain di belahan bumi manapun. Dari mulai Friendster (masih jaman yaaah???), Facebook, My Space, Koprol, Youtube, Blog, Google+, Twitter dan lain-lain. Di antara lo pasti punya deh salah satu, salah dua, ato jangan-jangan lo punya semuanya?? Waww!!!. Sial gue kalah eksis.

Anyway, kebanyakan dari kita suka banget berkoar di sosial media tentang apa yang lagi kita pikirin, apa yang kita lakuin, apa yang kita pengenin, apa yang kita kentutin, sampe kita dililit utang pun kita share di social network. Pokoknya apapun yang kita lakuin tuh, wajib laporan di Facebook ato Twitter buat dibikin status. Ngerasa ada yang kurang gituuh deh kalo ga apdet status. Hhhh kelakuan anak muda jaman sekarang *gelengin pala*. Daaaaan, bagian terbaiknya adalah: dengan kita memposting, menshare, menulis status di social network ngebuat kehidupan kita jadi lebih kebuka dan dengan mudahnya orang lain baca postingan kita. Orang lain bisa tahu perasaan kita, orang lain bisa tahu kita lagi ngapain, lagi makan apa, bahkan sampe lagu yang lagi kita dengerin sekarang. Nah, kalo misalnya nih ya lo itu orangnya kepo, pengen tau banget kaya gue, lo bisa liatin status-status orang itu, cari tahu apa yang terjadi ama dia, tanpa perlu ketauan. Yupp!! Tanpa perlu ketauan. Dan kalo lo udah terlalu sering ngepoin status-status dia, bahkan sampe dibikin bookmark  (jadi dengan sekali klik lo bisa langsung ke profilnya dia), lo udah dikategorikan sebagai STALKER. Ato dalam bahasa Indonesianya itu penguntit. Penguntit. Penguntit. Penguntit. Hufft, dunia maya memang unpredictable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar