Senin, 30 April 2012

Ayo Bermain Musik Kawan-kawan!!!

Bunyikan gendang dang dang daaaaang ...
Bunyikan terompet tret tet teeeeeeeeettt ...
Bunyikan gendang Bunyikan terompet
Dang ret ret dang Ret ret Dang Ret ret Daaaang


Itulah secuplik lirik dari lagu "Gendang dan Terompet" yang akan dimainkan oleh kelompok kami pada penilaian mata kuliah "Seni Musik Lanjutan" dengan bapak Satrio. Aku, Gadis dan Plin-Plan (Dewi, Dezha, Cleadys, Kharisma, Khoirunnissa, Lia, dan Aulia), kami bersembilan pun mencoba untuk mengulik lagu ini dalam ansambel musik yang berbeda. Ansambel adalah memainkan beberapa alat musik yang berbeda secara bersama-sama untuk menghasilkan sebuah aransemen musik yang indah dan enak didengar.

Hal ini bukan perkara yang mudah looh. Membuat aransemen ulang dari lagu ini, memainkannya dalam alat musik serta memadupadankan nada supaya jadi komposisi musik yang indah membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh beberapa kali latihan untuk akhirnya dapat membuat lagu ini terdengar lebih merdu dan "hidup".

Aku memegang alat musik tiup seruling. Dan yaaaa ga jelek-jelek amat kok mainnya. Cuma kendalanya kadang-kadang serulingnya waktu ditiup bunyi "ngiiiiik!" tiba-tiba. Kan itu bikin bete dan ilfil. Juga kadang-kadang jari kita suka kagok kalo mau nutup lubang (tempat keluar nada) yang letaknya jauh-jauh. Temen-temen sekelompok pun mengalami hal yang sama. Seperti Nissa yang napasnya ngos-ngosan niup pianika, Kharisma yang kebingungan mukul rebana yang bunyinya beda-beda mulu setiap dipukul, dan berbagai kendala lain yang dihadapi.

Tapi bukan kita namanya kalo menyerah gitu aja sama yang namanya tantangan. Tantangan itu ada untuk dihadapi bukan untuk lari. Kita pun berusaha berlatih mengeluarkan kemampun terbaik, meracik aransemen lagu baru yang dirasa pas, dan mengatasi permasalahan yang kita alami.

Dan hasilnya jeng jeng jeeeeeng...,. Pada hari Senin 30 April 2012 atau tepatnya waktu postingan ini dipublish, pada pukul 10:00 di ruang sidang, maka kami bersama kelompok yang lain menampilkan hasil latihan kami, karya masterpiece terbaik kami kepada Pak Satrio. Semoga beliau terkesan.



Kelompok pertama yang maju adalah kelompoknya Pipit. Mereka membawakan lagu "Dua Mata Saya". Kalo menurut aku si cukup keren. Beri tepuk tangan yang meriaaaah!!!





Dilanjutkan dengan kelompokku yang maju di urutan kedua. Kita tampil membawakan lagu "Gendang dan Terompet". Cukup nervous sih. Tangan aja ampe gemeteran megang sulingnya. Tapi kita sudah cukup puas dengan penampilan ini ^_^



Nah ini dia nih kelompok yang paling keren aransemennya menurut aku. Keberadaan gitar dan galon, membuat lagu "Twinkle Twinkle Little Star" terdengar sangaaaaat keren. It's so cool! You must see.


Kelompok ini juga satu-satunya kelompok yang bisa aku dapetin fotonya. Karena lupa belom diganti ke video mode, jadi cuma dapet setengah aja dari penampilan mereka. Hikz :(



So the last, but not least, kelompok terakhir yang maju adalah kelompok kak Maria. Membawakan lagu "Kudaku" dengan sangat baik dan cantik. Apalagi ditambah dengan kelihaian kak Maria memegang alat musik yang sangat lucu. Two thumbs up!


Lalu di ujung mata kuliah, setelah anak-anak selesai menunjukkan performance mereka, Bapak Satrio pun memberikan komentar mengenai penampilan kita pada hari ini. Overall kita semua kompak dan penampilannya bagus-bagus ^_^. Seneng banget ih dengernya. Pak Satrio kemudian berpesan agar kelak ketika kita mengajar nanti dapat mengajari anak didik kita bermain alat musik secara ansambel. Sehingga dapat lebih indah dan enak didengar serta membanggakan bagi murid, guru dan orangtua. Pak Satrio kemudian bilang kalo hari ini adalah pertemuan terakhir dengan beliau di semester ini. Huhuhu so sad :'(. So thank you Mr. Satrio. You taught us how to sing and play the instrument well. We'll never forget you, Sir. :')


#nb: Video-video di atas telah diunggah di youtube. Deskripsi lengkap mengenai video tersebut telah dituturkan di situ. Cari saja channelku di youtube dengan nama intanibrahim. Disitu kamu akan menemukan video-video yang telah aku unggah. Oh iya, sebenarnya kelompok yang tampil itu ada 5 kelompok, tapi berhubung ketika kelompok tersebut bermain, hp ku sedang dicas, jadi tidak sempat direkam dan diunggah. So sorry :(.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar