Jumat, 09 Desember 2011

Patuhi Peraturan Lalu Lintas, Utamakan Keselamatan di Jalan

Setiap orang pastinya membutuhkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam mengarungi jalanan, bukan? Kalau berbicara tentang jalanan dan lalu lintasnya yang hiruk pikuk, pantas saja membuat orang mudah stress. Kemacetan, sopir angkutan umum yang seenaknya sendiri, pengendara motor yang suka meliak-liuk seperti penari perut, takut telat masuk kantor/sekolah, proyek galian jalanan, dan banyak hal lainnya. Boro-boro aman dan nyaman, bisa pulang ke rumah dalam keadaan baik dan selamat saja sudah untung.

Bukan. Bukan karena saya tidak pernah puas terhadap kinerja pemerintah atau dalam hal ini Polisi Lalu Lintas (Polantas) dalam menata lalu lintas. Namun, lebih kepada meminta hak saya sebagai warga negara Indonesia yang membutuhkan rasa aman dan nyaman di jalanan. Dan yang bertanggung jawab dengan permasalahan lalu lintas justru adalah diri kita sendiri, para pengguna jalanan. Kita yang kurang tertib di jalanan, tidak memperhatikan kelengkapan berkendara, dan menyepelekan peraturan lalu lintas membuat kita sendiri yang merasakan akibatnya.


Perhatikan Kelengkapan Berkendara Agar Selamat Sampai Tujuan


Dengan banyaknya permasalahan yang terjadi di jalanan membuat saya dan para pengguna jalan lain merasa stress. Kemacetan yang merajalela, berbagai tindak kriminal yang kerap terjadi dan kecelakaan lalu lintas yang tidak dapat dielakkan. Hufftt.. Belum lagi kalau telat masuk kampus/kantor karena macet parah. Makin stress. Bahkan ketika menyeberang jalan pun, si pengendara kendaraan bermotor tidak mau mengalah kepada pejalan kaki dan akhirnya sering terjadi "keserempet" atau bahkan kecelakaan lalu lintas. Hal itu cukup berbahaya mengingat dapat menimbulkan dampak psikologis karena trauma. See? Kelakuan ugal-ugalan anda di jalanan dapat merugikan orang lain, guys. Saya dan anak-anak kampus lainnya telat mendatangi perkuliahan untuk menimba ilmu, dosen dan guru telat mengajar, orang-orang kantoran telat ngantor dan berbagai masalah yang diakibatkan oleh tindak pelanggaran peraturan lalu lintas.

Selain merugikan orang lain, tindakan melanggar peraturan lalu lintas juga dapat membahayakan diri anda sendiri lhoh. Bayangkan jika anda mengendarai mobil dengan ugal-ugalan, tahu-tahu ada truk berkecepatan tinggi sedang melaju dan anda malah berada pada jalur truk tersebut, sedangkan anda tidak siap untuk menginjak rem dan banting setir. Saya dan anda dapat membayangkan apa yang terjadi. Atau hal lain yang biasanya kerap dilanggar para pengendara motor. Yup! Tidak mengenakan helm. Helm itu penting sekali dan wajib anda gunakan ketika berkendara dengan sepeda motor. Karena helm itu berguna untuk melindungi bagian terpenting dari keseluruhan tubuh anda yaitu otak dan organ-organ yang terdapat di kepala, seperti mata dan lain-lain. Dan gunakanlah helm yang sudah bertanda SNI, karena sudah memenuhi standar nasional sekaligus aman digunakan untuk berkendara. Kalau misalnya anda jatuh dari motor,dan saat itu anda tidak mengenakan helm, kemudian kepala anda menghantam batu dengan indahnya. Hmmmmmm..


Helm Berlogo SNI


Demi apapun, saya tidak menyumpahi anda untuk mengalami hal semacam itu. Namun tidak ada salahnya saya mengingatkan anda untuk tetap berhati-hati dan selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Soalnya umur tidak ada yang tahu dan kita hendaknya selalu menjaga diri kita sendiri. Karena tidak akan ada seorang pun yang bisa menyelamatkan diri kita selain kesadaran dari diri sendiri. Tugas mulia Bapak dan Ibu Polantas disini hanya untuk mengatur dan mengingatkan kita pada peraturan lalu lintas yang bertujuan untuk menjaga keselamatan kita. Kalau kita hanya mau menaati peraturan lalu lintas ketika melihat keberadaan Polantas disitu, ya kalau ada apa-apa resiko tanggung sendiri loh ya.

courtessy: http://kudabesiputih.wordpress.com
Jalanan di Manggarai (lagi sepi)

Jadi inget nih sama cerita teman saya yang pernah mengalami kecelakaan dan sampai sekarang dia kapok melanggar peraturan lalu lintas. Ceritanya begini waktu itu dia sedang naik motor sendirian menuju kampus di Rawamangun melewati jalanan yang ramai di Manggarai. Bersaing dengan Kopaja dan kendaraan pribadi membuat teman saya harus berusaha keras menembus kemacetan. Dia tidak menggunakan helm karena terburu-buru dari rumahnya menuju kampus. Jaraknya gak terlalu jauh, jadi dipikirnya aman aja kali ya ga usah pake helm. Dia ngebut kecepatan tinggi ga liat kiri kanan, serobot sana serobot sini (serasa jalanan milik sendiri). Asal tahu aja, jalanan di Manggarai cenderung sempit dan berlubang (waktu itu). Ditambah dengan keberadaan Busway yang semakin mempersempit jalanan, tapi tetep aja ngebut. Dan ga disangka-sangka ketika dia mau nyalip lewat kanan, dari belakangnya ada mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi. Dia ditabrak mobil itu. Diperparah dia ga pake helm. Untung mobilnya ngerem mendadak dan kemudian teman saya jatuh dengan keadaan kaki tertindih motor. Dia ditolong sama penabrak itu dan langsung dibawa ke rumah sakit dengan mobilnya.

Ternyata tulang kering dia patah dan untungnya tidak terlalu parah. Setelah menjalani pengobatan selama tiga minggu, dia sudah boleh pulang. Untuk berjalan dia harus dibantu sama tongkat penompang. Bagian terburuknya, dia ga diperbolehkan main sepakbola untuk beberapa waktu ke depan, padahal semua orang tahu dia sangat suka bermain bola dan skillnya pun cukup bagus. "Kalo waktu bisa diputer dan kejadian itu diulang lagi, gue lebih milih buat pake helm dan nggak naik motor ugal-ugalan", kata dia. HHiiyy serem kan. Maka dari itu saya menghimbau kepada pembaca sekalian untuk selalu menaati peraturan lalu lintas dimanapun berada, apakah ada Polantas atau tidak, apakah jalanan sedang ramai atau sepi. Karena kalau kita selamat kan, yang senang juga kita sendiri. Apalagi kalau kita adalah sang kepala keluarga yang mencari nafkah dan selalu ingat pada anak istri yang menunggu di rumah dengan senyuman mereka yang indah.

Tips Aman Berkendara


Ingat, keselamatan kita di jalanan adalah hal yang paling diutamakan. Kesadaran akan keselamatan diri sendirilah yang paling penting dan dibutuhkan. Patuhi semua peraturan lintas, penuhi segala surat kelengkapan mengemudi, gunakan helm berlogo SNI and you will get home safely. Betapa indah dan nyamannya perjalanan, jika kita semua menaati peraturan lalu lintas dan tidak berkendara dengan seenaknya sendiri. Demi keamanan, kenyamanan, kelancaran, dan keselamatan kita bersama, kenapa tidak? :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar